Jumat, 10 Februari 2012

SOAL TES SERTIFIKASI GURU 2012


CONTOH TES  BAGI CALON SERTIFIKASI GURU
TAHUN 2012

LATIHAN 1

Pilihlah jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan memberikan tanda
silang pada soal pilihan ganda berikut!

1. Berikut ini yang bukan merupakan penjabaran dari silabus adalah ...
    a. Standar Kompetensi
    b. Materi pokok/pembelajaran
    c. Tujuan Pembelajaran
    d. Alokasi waktu

2. Silabus dikembangkan dengan menggunakan beberapa prinsip. Salah satu
    prinsip tersebut adalah ...
    a. Beragam dan terpadu
    b. Belajar sepanjang hayat
    c. Landasan tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan seni
    d. Pengembangan Ilmiah

3. Silabus adalah ...
    a.Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  tahun  2005
         tentang Standar Nasional Pendidikan
    b.Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  tahun  2005
        tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat (2)
    c. Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  tahun  2005
       tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20
    d. Jawaban b dan c

4.  Pengembang silabus adalah ...
    a.  Guru secara mandiri
    b. Guru secara berkelompok
    c.  Sekolah
    d. Jawaban a dan b

5. Silabus  mata  pelajaran  disusun  dengan  memperhatikan  alokasi  waktu,
    kecuali ...
   a. Alokasi waktu yang disediakan persemester dan pertahun
   b. Alokasi waktu mata pelajaran lain
   c. Alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran
   d. Alokasi waktu untuk pencapaian KD dan beban belajar

6. Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam silabus
   sesuai dengan ketentuan berikut ...
   a. Harus sesuai dengan urutan di standar isi
   b. Tidak harus sesuai dengan urutan di standar isi
   c. Tidak harus memperhatikan urutan
   d. Urutan diperhatikan ketika silabus dilaksanakan

7. Kegiatan pembelajaran sebagai salah satu komponen silabus
   dikembangkan dengan mengacu pada ...
   a. Kompetensi Dasar
   b.  Indikator
   c. Penilaian
   d. Sumber belajar

8. Fungsi utama indikator dalam silabus adalah ...
   a. Untuk merumuskan materi pokok
   b. Untuk merumuskan bentuk dan jenis penilaian
   c. Untuk menetapkan alokasi waktu
   d. Untuk menentukan sumber belajar

9. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan
    pembelajaran adalah ...
   a. Memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik
       secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar
   b. Sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran
   c.  Menunjukkan kegiatan siswa dan materi
   d. Jawaban a, b, dan c benar

10. Berikut ini merupakan kegiatan dari pengembangan silabus berkelanjutan,
    kecuali ...
   a. Penjabaran silabus ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaranb. Silabus  dilaksanakan,  dievaluasi,                   ditindaklanjuti  oleh  masingmasing guru
   c. Dikaji   dan   dikembangkan   dengan   memperhatikan   masukan   hasil
       evaluasi   belajar,  evaluasi  proses  (pelaksanaan  pembelajaran),  dan
       evaluasi rencana pembelajaran
   d. Penentuan  sumber  belajar  didasarkan  pada  Standar  Kompetensi  dan
       Kompetensi Dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan
      pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi

Latihan II-2

Pilihlah  satu  KD  dari  SK  pembelajaran  matematika  untuk  SD,  kemudian
buatlah  indikator pencapaiannya!

Latihan III‐1

1. Sebuah RPP mata pelajaran terdiri atas ...
a. 1 kompetensi dasar
b. 2 kompetensi dasar
c.  3 kompetensi dasar
d. 1 kompetensi dasar atau lebih

2. Sebuah RPP dapat digunakan untuk ...
1) 1 kali pertemuan
2) 2 kali pertemuan
3) 3 kali pertemuan
4) 1 kali pertemuan atau lebih

3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya diantaranya memuat
berikut ini, kecuali ...
1) tujuan pembelajaran
2) indikator
3) materi ajar

4) metode pengajaran4. Landasan pengembangan RPP adalah ....
1) Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  Tahun  2005  tentang
Standar Nasional Pendidikan
2) Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  Tahun  2005  tentang
Standar Nasional Pendidikan Pasal 20
3) Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19  Tahun  2005  tentang
Standar Nasional Pendidikan Pasal 17 Ayat (2)
4) Jawaban b dan c

5. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ...
1) Proses  belajar  yang  diharapkan  dicapai  oleh  peserta  didik  sesuai  dengan
kompetensi dasar
2) Hasil  belajar  yang  diharapkan  dicapai  oleh  peserta  didik  sesuai  dengan
kompetensi dasar
3) Indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
4) Proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai
dengan kompetensi dasar

6. Dalam pemilihan metode pembelajaran perlu disesuaikan dengan
1) Situasi dan kondisi peserta didik
2) Karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai
3) Suasana belajar dan proses pembelajaran
4) Jawaban a dan bKUNCI JAWABAN

Latihan II-1
1 c  2.d  3.d  4.a  5.d  6 b  7. b  8.b  9.d  10.a
Latihan II-2
Contoh:
KD 3.1: Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
Indikator:
1. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian,
2. Mengubah bentuk penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian,
3. Menyelesaikan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
Latihan III-1
1. a   2. d  3. b   4.b  5.  a  6.  d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar