Jumat, 10 Februari 2012
SOAL TES SERTIFIKASI GURU 2012
CONTOH TES BAGI CALON SERTIFIKASI GURU
TAHUN 2012
LATIHAN 1
Pilihlah jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan memberikan tanda
silang pada soal pilihan ganda berikut!
1. Berikut ini yang bukan merupakan penjabaran dari silabus adalah ...
a. Standar Kompetensi
b. Materi pokok/pembelajaran
c. Tujuan Pembelajaran
d. Alokasi waktu
2. Silabus dikembangkan dengan menggunakan beberapa prinsip. Salah satu
prinsip tersebut adalah ...
a. Beragam dan terpadu
b. Belajar sepanjang hayat
c. Landasan tanggap terhadap perkembangan IPTEK dan seni
d. Pengembangan Ilmiah
3. Silabus adalah ...
a.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan
b.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat (2)
c. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20
d. Jawaban b dan c
4. Pengembang silabus adalah ...
a. Guru secara mandiri
b. Guru secara berkelompok
c. Sekolah
d. Jawaban a dan b
5. Silabus mata pelajaran disusun dengan memperhatikan alokasi waktu,
kecuali ...
a. Alokasi waktu yang disediakan persemester dan pertahun
b. Alokasi waktu mata pelajaran lain
c. Alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran
d. Alokasi waktu untuk pencapaian KD dan beban belajar
6. Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam silabus
sesuai dengan ketentuan berikut ...
a. Harus sesuai dengan urutan di standar isi
b. Tidak harus sesuai dengan urutan di standar isi
c. Tidak harus memperhatikan urutan
d. Urutan diperhatikan ketika silabus dilaksanakan
7. Kegiatan pembelajaran sebagai salah satu komponen silabus
dikembangkan dengan mengacu pada ...
a. Kompetensi Dasar
b. Indikator
c. Penilaian
d. Sumber belajar
8. Fungsi utama indikator dalam silabus adalah ...
a. Untuk merumuskan materi pokok
b. Untuk merumuskan bentuk dan jenis penilaian
c. Untuk menetapkan alokasi waktu
d. Untuk menentukan sumber belajar
9. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan
pembelajaran adalah ...
a. Memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik
secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar
b. Sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran
c. Menunjukkan kegiatan siswa dan materi
d. Jawaban a, b, dan c benar
10. Berikut ini merupakan kegiatan dari pengembangan silabus berkelanjutan,
kecuali ...
a. Penjabaran silabus ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaranb. Silabus dilaksanakan, dievaluasi, ditindaklanjuti oleh masingmasing guru
c. Dikaji dan dikembangkan dengan memperhatikan masukan hasil
evaluasi belajar, evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran), dan
evaluasi rencana pembelajaran
d. Penentuan sumber belajar didasarkan pada Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
Latihan II-2
Pilihlah satu KD dari SK pembelajaran matematika untuk SD, kemudian
buatlah indikator pencapaiannya!
Latihan III‐1
1. Sebuah RPP mata pelajaran terdiri atas ...
a. 1 kompetensi dasar
b. 2 kompetensi dasar
c. 3 kompetensi dasar
d. 1 kompetensi dasar atau lebih
2. Sebuah RPP dapat digunakan untuk ...
1) 1 kali pertemuan
2) 2 kali pertemuan
3) 3 kali pertemuan
4) 1 kali pertemuan atau lebih
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya diantaranya memuat
berikut ini, kecuali ...
1) tujuan pembelajaran
2) indikator
3) materi ajar
4) metode pengajaran4. Landasan pengembangan RPP adalah ....
1) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan
2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan Pasal 20
3) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan Pasal 17 Ayat (2)
4) Jawaban b dan c
5. Rumusan tujuan pembelajaran menggambarkan ...
1) Proses belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensi dasar
2) Hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensi dasar
3) Indikator pencapaian peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar
4) Proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai
dengan kompetensi dasar
6. Dalam pemilihan metode pembelajaran perlu disesuaikan dengan
1) Situasi dan kondisi peserta didik
2) Karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai
3) Suasana belajar dan proses pembelajaran
4) Jawaban a dan bKUNCI JAWABAN
Latihan II-1
1 c 2.d 3.d 4.a 5.d 6 b 7. b 8.b 9.d 10.a
Latihan II-2
Contoh:
KD 3.1: Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
Indikator:
1. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian,
2. Mengubah bentuk penjumlahan berulang menjadi bentuk perkalian,
3. Menyelesaikan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
Latihan III-1
1. a 2. d 3. b 4.b 5. a 6. d
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar