Rabu, 20 Agustus 2014

PEMKAB LAMONGAN GELAR SOSIALISASI PPIP 2014



Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Sosialisasi Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaaan (PPIP) Tahun 2014 pada Rabu, 20 Agustus 2014. Acara yang bertujuan memberikan penjelasan secara umum tentang persiapan pelaksanaan program PPIP Tahun Anggaran 2014 di Kabupaten Lamongan ini mengundang 17 Camat dan 32 Kepala Desa lokasi sasaran program PPIP.

Dalam sambutan Pembukaannya . Satker PPIP Kab. Lamongan Siti Zulkhah,ST,MT mengatakan bahwa acara sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi yang telah dilaksanakan di tingkat propinsi. Sosialisasi ini menghadirkan Satker Propinsi Jatim yang diwakili Bpk Rofiq,ST,MT.yang diantaranya memberikan materi perihal pengetahuan umum dan pedoman pelaksanaan PPIP, semoga materi yang disampaikan nantinya dapat memberi manfaat bagi para peserta,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Kadis PU Cipta Karya Kab. Lamongan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Satker PPIP Kab. Lamongan mengatakan, pemilihan pembangunan infrastruktur perdesaan sebagai salah satu program strategis dalam menanggulangi kemiskinan dan ketertinggalan didasarkan pada pertimbangan bahwa infrastruktur perdesaan mampu membuka akses ekonomi masyarakat. Hal lain adalah PPIP mampu menggerakkan kegiatan produksi dan distribusi, memberikan lapangan kerja serta membuka peluang-peluang baru untuk berbagai aktifitas masyarakat.

Tahun 2014 ini, akan ada 32 desa dari 17 kecamatan yang akan menerima bantuan program PPIP, yang nantinya setiap desa akan mendapatkan dana sebesar 100 Juta rupiah pada tahap pertama di Tahun Anggaran 2014. Dari 32 desa tersebut 3 desa ( Wateswinangun, Garung,Candsari Semuanya di kec. Sambeng) masuk reg.1 yang dananya sudah “ready”. Sedangkan 29 desa yang lain sedang dalam proses rekrutmen fasilitator.

Mengingat program ini harus tepat sasaran, tepat waktu, tepat administrasi dan tidak terjadi penyimpangan, maka dalam kesempatan tersebut Satker PPIP Kab. Lamongan menekankan beberapa hal, diantaranya agar setiap peserta mengikuti sosialisasi secara sungguh-sungguh, serta menjalin kerjasama yang sinergis antara pelaksana pembangunan dengan tim pelaksana agar hasil yang dicapai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,

Hal lain yang ditekankan adalah agar dalam Pelaksanaan PPIP mengacu pada ketentuan yang ada sehingga tidak terjadi penyimpangan, tidak menimbulkan permasalahan, mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan. “Pelaksanaan PPIP tahun ini saya harapkan dapat lebih baik dari tahun sebelumnya sehingga keberhasilan yang telah diraih dapat tetap dijaga,” imbaunya menutup sambutannya.
(Ppn Lamongan/Admin)



1 komentar: